Nelayan China Arak Ikan Raksasa Keliling Kota

BEIJING, KOMPAS.com – Seorang nelayan China begitu bangga setelah sukses menangkap seekor ikan raksasa sehingga dia mengarak hewan tangkapannya itu keliling kota sebelum menuju ke pasar.

Sayangnya, nelayan itu nampaknya tidak sadar dia telah menangkap seekor ikan hiu paus yang sangat langka. Foto-foto ikan hiu paus langka yang diarak keliling kota Xiangzhi, provinsi Fujian, China itu diunggah ke media sosial Weibo dan memicu beragam komentar.

Sang nelayan, Cai Chengzhu kepada situs berita News 163 mengatakan dia dan anak buahnya sedang mengangkat jala mereka dari laut saat melihat lubang besar di salah satu sisi jala itu dan melihat ikan raksasa itu berada di dalam jala.

“Kami yakin seekor ikan raksasa merusak jaring dan masuk ke dalam jala untuk menyantap ikan yang kami tangkap,” kata Cai.

Dia menambahkan, ikan besar itu meronta-ronta berusaha melepaskan diri namun ikan itu mati tak lama kemudian. Akhirnya, Cai dan kawan-kawannya membawa ikan itu ke darat.

“Saat kami bisa membebaskannya, sayangnya ikan itu telanjur mati. Kami sudah berusaha membebaskan ikan itu. Dan karena sudah mati maka sayang jika disia-siakan,” tambah Cai.

Cai kemudian berencana menjual ikan raksasa itu dengan harga 3.500 dolar AS atau lebih dari Rp 35 juta di pelelangan ikan di Xiangzhi.

Meski di China, ikan hiu paus masuk dalam katagori hewan langka sehingga ilegal bagi siapapun memperjualbelikannya, namun fakta ikan itu sudah mati bisa saja mengubah situasi.

“Saya meminta kepada petugas pelelangan ikan untuk memeriksanya. Dan mereka mengatakan karena ikan itu sudah mati maka kami berhak menjualnya,” kata Cai.

%d blogger menyukai ini: