VW Jadi Raksasa di China

Shanghai, KompasOtomotif – Grup Volkswagen menyiapkan dana segar 2 miliar euro untuk membangun dua pabrik perakitan baru di China. Kedua pabrik baru disiapkan untuk menambah kapasitas dan perakitan model baru untuk pasar domestik Negeri Tirai Bambu. Selain itu, menjadi salah satu langkah penentu produsen mobil terbesar Eropa, dalam memenuhi ambisi menjadi produsen mobil terbesar di dunia, menggeser Toyota, pada 2018.

Dana investasi ini, merupakan bagian dari rencana jangka panjang penanaman modal VW di China mencapai 18,2 miliar dollar hingga 2018. Kedua pabrik baru itu siap dibangun di Qingdao dan Tianjin.

“China sudah menjadi pasar terbesar dan terpenting bagi kami. Untuk memenuhi kepuasan konsumen di satu negara, kami tengah menyiapkan ekspansi kapasitas bersama mitra lokal FAW Volkswagen,” beber Martin Winterkorn, Chief Executive Officer VW dalam keterangan resminya, dilansir Bloomberg (7/7/2014).

Grup VW merupakan produsen asing terbesar di China saat ini. Periode lima bulan pertama 2014, perusahaan ini berhasil menjual 1,51 juta unit, atau naik 18 persen dibanding periode sebelumnya. April lalu, Winterkorn menyatakan ambisinya untuk mendongkrak penjualan setidaknya 10 persen tahun ini, lebih besar dari 3,5 juta unit.

Langkah VW menambah kapasitas produksi atau pabrik baru dilakukan untuk tidak kehilangan kesempatan di China. Dalam 10-15 tahun mendatang, diprediksi jumlah pengemudi dengan SIM resmi mencapai 1 miliar jiwa. Artinya, potensi besar masih melimpah di China.

%d blogger menyukai ini: