6 Bulan, Penjualan Xiaomi “Meroket” 200 Persen

KOMPAS.com – Produsen smartphone Android Xiaomi, yang oleh para fans-nya disebut Apple dari Tiongkok, membukuan penjualan yang fantastis dalam paruh pertama 2014 ini. Bahkan, penjualannya itu telah melampaui capaian tahun sebelumnya.

Dilansir dari The Next Web (2/7/2014), Xiaomi telah menjual sebanyak 26,1 juta smartphone-nya di semester satu tahun 2014. Jumlah penjualan tersebut jika dihitung-hitung melonjak 271 persen dibanidng total penjualan Xiaomi di tahun 2013.

Di tahun lalu, Xiaomi sendiri telah berhasil menjual 18,7 juta perangkat. Jumlah itu juga naik 160 persen dibanding total penjualan selama tahun 2012.

Dari segi pendapatan, CEO Xiaomi, Lei Jun mengatakan total pendapatan selama setengah tahun ini telah mencapai 5,3 miliar dollar AS, naik 149 persen dibanding periode yang sama tahun 2013.

Walau demikian, peningkatan pendapatan tersebut disebut The Next Web belum bisa dijadikan acuan sebagai keuntungan. Namun jika melihat brand Xiaomi yang baru meluncur tahun 2011, pertumbuhan tersebut tergolong fantastis.

Xiaomi memiliki strategi penjualan yang unik dari kompetitor. Yaitu menjual perangkatnya yang tersedia saat itu juga dalam jangka waktu tertentu. Metode penjualan itu disebut Xiaomi dengan Flash Sale yang diklaim disukai oleh para fans-nya.

Untuk 2014 ini, Lei menargetkan Xiaomi mampu mengirimkan 40 juta smartphone. Saat ini, hingga kuartal pertama 2014 saja, Xiaomi telah menjual 11 juta smartphone. Lei yakin target itu bisa dicapai.

Sementara untuk tahun depan, Lei mengatakan Xiaomi bertekad mampu menembus angka penjualan 100 juta smartphone ke seluruh dunia.

Xiaomi adalah perusahaan smartphne baru dari Tiongkok yang dikenal memiliki perangkat smartphone Android spesifikasi tinggi namun harga jualnya lebih murah. Saat ini perusahaan tersebut sedang melakukan ekspansi ke berbagai negara, salah satunya adalah Indonesia.

Menurut Hugo Barra, Vice President Global Xiaomi yang sempat berkunjung ke Indonesia di bulan Juni lalu, Xiaomi juga akan hadir di Indonesia pada bulan Agustus 2014. Smartphone-smartphone Xiaomi yang akan dipasarkan di Indonesia antara lain Xiaomi Mi3 dan Redmi dengan kisaran harga Rp 3,5 juta.

%d blogger menyukai ini: