Bisnis Properti Bikin Wanita Tiongkok Ini Terkaya di Dunia

KOMPAS.com — Bisnis dan industri properti di Tiongkok memang tengah mengalami penurunan, seiring kebijakan pembatasan pembelian rumah kedua, ketiga, dan seterusnya. Namun, hal ini tidak menghalangi Chen Lihua masuk dalam daftar wanita terkaya di dunia versi Hurun yang disponsori Star River Property.

Lembaga ini memasukkan Chen Lihua dan sepuluh wanita lainnya dalam kategori “Richest Self-Made Women in The World 2014”. Penghitungan kekayaan dilakukan selama Januari 2013 hingga Januari 2014.

Dalam proses penghitungan kekayaan tersebut, Hurun menempatkan 45 wanita miliarder dari sembilan negara yakni Tiongkok, Amerika Serikat, Inggris, Australia, Brasil, Denmark, Nigeria, Italia, dan Filipina. Jumlah ini meningkat ketimbang tahun lalu yang hanya mencapai 28 orang.

Chen Lihua yang sudah berusia 73 tahun tampil sebagai pemuncak. Bersama perusahaan propertinya yakni Fu Wah Group, ia punya kekayaan sekitar 6,1 miliar dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 69,2 triliun. Fu Wah Group sukses menjual ribuan unit apartemen, menyewakan ruang perkantoran, dan ruang ritel yang tersebar di seluruh Hongkong dan Tiongkok daratan.

Posisi kedua ditempati Zhang Yin dengan kekayaan senilai 5,1 miliar dollar AS atau setara Rp 57,9 triliun. Wanita 57 tahun ini sukses mendulang harta dari mengoperasikan Nine Dragon Paper. Peringkat ketiga diduduki Wu Yajin. Aset yang mampu diraupnya hingga Januari 2014 senilai 4,6 miliar dollar AS melalui imperium bisnis Longfor Properties Co Ltd.

Perusahaan yang bergerak di sektor investasi properti pimpinan wanita 50 tahun tersebut juga masuk dalam daftar 50 besar perusahaan terbaik versi Forbes. Longfor diketahui telah menginvestasikan dana di megaproyek-megaproyek yang tengah dibangun saat ini di Tiongkok.

Menyusul ketiganya adalah Gayle Cook dengan bisnis peralatan medis asal AS senilai 4,3 miliar dollar AS, Judy Love (AS) senilai 3,7 miliar dollar AS, Zhang Xin (Tiongkok) dengan aset 3,6 miliar dollar AS, Folorunsho Alakija (Nigeria) sebesar 3,2 miliar dollar AS, Dulce Pugliese de Godoy Bueno (Brasil) senilai 3,1 miliar dollar AS, Diane Hendricks (AS) sebanyak 2,6 miliar dollar AS, Giuliana Benetton (Italia) dengan kekayaan 2,6 miliar dollar AS, dan Oprah Winfrey (AS) dengan jumlah aset 2,6 miliar dollar AS.

%d blogger menyukai ini: