Cangkir Kuno Dinasti Ming Terjual Rp 406 Miliar

HONGKONG, KOMPAS.com — Sebuah cangkir berukuran kecil peninggalan Dinasti Ming terjual seharga 36 juta dolar AS atau sekitar Rp 406 miliar melalui lelang di Hongkong dan mencatat rekor baru.

Cangkir yang dikenal dengan nama “Cangkir Ayam” karena bergambar ayam jantan, betina, dan anak-anak ayam ini dibeli oleh kolektor asal Shanghai. Cangkir berdiameter 8 sentimeter ini berumur 500 tahun.

Balai lelang Sotheby’s mengatakan, rekor sebelumnya dicatat oleh porselen China pada 2010 saat sebuah vas terjual dengan harga 32,4 juta dollar AS.

“Cangkir Ayam” dibuat saat pemerintahan Kaisar Chenghua pada masa Dinasti Ming, yang berkuasa pada 1465-1487.

Menurut Sotheby’s, hanya ada 17 cangkir seperti ini yang tersisa. Empat di antaranya milik pribadi, sementara sisanya tersimpan di museum.

“Tidak ada lagi obyek yang lebih legendaris dalam sejarah porselen China,” kata Wakil Direktur Sotheby’s untuk Asia, Nicholas Chow.

“Ini benar-benar sebuah Piala Suci dalam seni China,” tambah Nicholas.

Sang pembeli, Liu Yiqian, yang diperkirakan memiliki kekayaan hingga 900 juta dollar AS, adalah orang terkaya ke-200 di China. Cangkir ini kemungkinan akan dipajang di museum milik Liu di Shanghai, yang dibuka pada 2012.

%d blogger menyukai ini: